Selasa, 10 Juni 2008

“Senang membaca, langkah awal menuju cerdas”

“Senang membaca, langkah awal menuju cerdas”


Setiap orangtua menginginkan balitanya tumbuh cerdas. Namun harapan tersebut tidak akan terwujud apabila orangtua bersikap pasif .Lalu apa yang seharusnya dilakukan oleh orangtua?

Orangtua pertama tama harus mengingat tiga hal penting yang berkaitan dengan kecerdasan balita.Tiga hal tersebut adalah NUTRISI, STIMULASI,dan KESEMPATAN.

Siapakah Glenn Domman?

Glenn Domman memperoleh gelar sarjana dalam bidang terapi fisik dari university of Pensylvania pada tahun 1940.Sejak itu beliau mulai memelopori bidang studi tentang perkembangan otak anak.Pada tahun 1955,dia mendirikan The institute for the Achievement of Human potential di Philadelphia.

Diawal tahun 1960-an pekerjaan the institute dalam menangani anak anak yg cedera otak telah menghasilkan penemuan penting tentang pertumbuhan dan perkembangan anak-anak normal. Glenn Doman telah hidup,belajar dan bekerja dangan anak-anak yg berasal lebih dari 100 negara, mulai dari yang berpendidikan tinggi sampai yang paling primitive. Pemerintah Brazil telah menganugerahkan gelar kehormatan atas jasa-jasanya bagi anak-anak diseluruh dunia.

Glen Domman adalah penulis buku buku terlaris dari seri revolusi kasih sayang (the Gentle Revolution Series),yang terdiri dari How To Teach Your Baby to Read,How To Teach Your Baby Math,How To Multiply your Baby’s Intelegence,How To Give Your baby Encyclopedis Knowledge dan How To Teach Your Baby To Be Physically Superb.Dia juga menulis What To Do About Your Brain_injured Child,yang merupakan panduan bagi para orangtua yang memiliki anak-anak cedera otak.

Selama lebih dari lima puluh tahun,Glen Domman dan para ahli dalam pertumbuhan otak di Institute for the Achievment of Human Potential telah membuktikan bahwa anak anak yang sangat muda usianya mempunyai kemampuan belajar yang jauh lebih baik dari yang kita duga.

Glen Domman yang tahun 2008 ini akan genap berusia 88 tahun dalam melanjutkan karyanya, kini dibantu selain oleh putrinya Janet Doman juga oleh putra bungsunya Douglas Doman.


Chapter one Senang, ingin dan harus Belajar membaca

Belajarlah sedini mungkin
Mengapa kita tidak memulai mengajar anak membaca sejak dini?Mengapa anak tidak mulai belajar segera setelah ia dilahirkan?Ada banyak alasan yang mendukung mengapa sebetulnya program pembelajaran bisa dilakukan sedini mungkin, bahkan bukan mustahil dilakukan oleh bayi baru lahir sekalipun

Salah satunya adalah karena masa ini merupakan periode Brain Growth Spurt.(Periode pacu tumbuh otak) yaitu saat dimana otak berkembang sangat cepat. Periode pacu tumbuh otak pertama dimulai ketika bayi dalam trimester ketiga masa kandungan ibu. Periode pacu tumbuh otak kedua terjadi setelah si kecil lahir hingga berusia 36 bulan.
Proses pertumbuhan otak berjalan sesuai dengan perumbuhan badan. Ketika seseorang berusia 5 tahun, pertumbuhan otaknya sudah 80%sempurna. Saat anak berusia 6 tahun proses pertumbuhan otaknya bisa dikatakan sudah sempurna. Jadi, jangan sampai orangtua kehilangan kesempatan emas bagi sang buah hati. Ajari buah hati anda, beri ‘pendidikan’sedini mungkin sehingga se-sel otak bisa berkembang optimal. Tentu saja jangan mengartikan pendidikan sebagai sekolah formal. Pendidikan disini adalah segala aspek proses belajar anak.

Bahwa dunia anak adalah dunia bermain tidak sepenuhnya benar karena sebenarnya dunia anak adalah belajar. Kita tahu, sejak sikecil dilahirkan tak ada hari tanpa belajar. Begitu ia dilahirkan kdunia , ia belajar mengisap puting susu ibunya, ia belajar mengenal suara ibunya dan lingkungannya, ia belajar merespon bila diajak berbicara, ia belajar merangkak kemudian belajar berjalan. Singkat kata balita, itu sangat senang belajar dan tanpa hari tanpa belajar.

karena disarikan dan diketik manual jadi bersambung yah...........

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di http://www.infogue.com/ ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://pendidikan.infogue.com/senang_membaca_langkah_awal_menuju_cerdas